PENGARUH STRATEGISCAFFOLDING DALAM MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS
Main Author: | SitiSuroyalmilah, 1313023077 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/28070/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/28070/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/28070/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/28070/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpengaruhstrategiscaffolding dalammodel pembelajaranSiMaYanguntukmeningkatankemampuanmetakog-nisidanpenguasaankonseppadamaterireaksiredoks.Populasidalampeneliti-an iniadalahseluruhsiswakelas X MIASMA Negeri10Bandarlampung.Pemi-lihansampeldilakukandengancaracluster random samplingsehinggadiperolehkelasX MIA 3sebagaikelaskontrol yang diterapkan model pembelajaranSiMaYangdankelas X MIA 6sebagaikelaseksperimenyangditerapkanstrategiscaffolding dengan model pembelajaranSiMaYang. Metodepenelitianiniadalahkuasieksperimendenganpretestpostestcontrol group design. Pengaruhstra-tegiscaffolding dalam modelpembelajaranSiMaYangdiukurberdasarkanuji-tn-gainkemampuanmetakognisidanpenguasaankonsepsiswasertaujieffect size. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapadakelaseksperimen rata-rata n-gainkemampuanmetakognisidanpenguasaankonsepmemilikikategori “tinggi”, sementarapadakelaskontroln-gainkemampuanmetakognisidanpenguasaankonsepmemilikikategori “sedang”. Pembelajaranstrategiscaffoldingdalam model SiMaYangmemilikipengaruhdengankategori“besar” dalammening-katkankemampuanmetakognisidanpenguasaankonseppadamaterireaksiredoks.Padakelaseksperimen97%peningkatankemampuanmetakognisidan98% peningkatanpenguasaankonsepsiswahanyadipengaruhiolehstrategiscaffolding dalam model pembelajaranSiMaYang. Katakunci :metakognisi, penguasaankonsep, scaffolding, SiMaYang.