PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI FLUIDA STATIS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

Main Author: FADEL RISTA PERDANA, 1313022024
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/27935/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27935/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27935/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27935/
Daftar Isi:
  • Problem based learning merupakan inovasi dalam pembelajaran yang mengoptimalkan kemampuan berpikir siswa melalui proses kerja kelompok atau tim yang sistematis, sehingga siswa dapat memberdayakan, mengasah, menguji, dan mengembangkan kemampuan berpikirnya secara berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lembar kerja siswa berbasis problem based learning pada materi fluida statis terhadap hasil belajar fisika dan untuk meningkatan hasil belajar fisika. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 6 dan kelas XI IPA 5 SMA Negeri 16 Bandar Lampung. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan menggunakan bentuk non-equivalent control grup design. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas diperoleh data hasil belajar yang berdistribusi normal dan homogen. Kemudian dari uji independent sample t-test didapatkan nilai thitung > ttabel (9,965 > 1,670) dan signifikansi ( 0,00 < 0,05 ) maka H0 ditolak artinya terdapat pengaruh hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol secara signifikan. Rata-rata nilai N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,57 dengan kategori sedang, sedangkan 0,298 untuk kelas kontrol dengan kategori rendah. Artinya terjadi peningkatan yang lebih besar jika dilihat dari perbedaan rata-rata N-gain hasil belajar fisika kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kata kunci : fluida statis, hasil belajar fisika, lembar kerja siswa, problem based learning.