PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: RATNA WULANDARI, 1313053129
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/27934/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27934/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27934/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27934/
Daftar Isi:
  • Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa yakni 47,8 %. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 4 Metro Utara. Jenis penelitian ini penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 75,87 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 67,88. Hasil perhitungan uji hipotesis melalui Indipendent Sample t-test menunjukan nilai sig (2-tailed) 0,04, (0,04<0,05) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Kata kunci: hasil belajar, IPS, snowball throwing