MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI DI SEKOLAH MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 ABUNG SEMULI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: RISKA NUR ANISA, 1313052048
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/27895/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27895/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27895/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27895/
Daftar Isi:
  • Masalah penelitian ini adalah penyesuaian diri di sekolah. Permasalahan penelitian adalah “Apakah penyesuaian diri dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok”. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan penyesuaian diri di sekolah melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Abung Semuli Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini adalah metode pre eksperiment dengan desain one-group pretestposttest design. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa yang memiliki penyesuaian diri rendah, sedang dan tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan skala penyesuaian diri. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon, diperoleh angka probabilitas 0.028. Didapat probabilitas kurang dari 0,05 (0,028<0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada penyesuaian diri sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok. Hasil analisis juga memperlihatkan peningkatan sebesar 26%. Kesimpulannya adalah penyesuaian diri dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa SMA Negeri 1 Abung Semuli Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata kunci: bimbingan konseling, bimbingan kelompok, penyesuaian diri