HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS I KECAMATAN MENGGALA TULANG BAWANG

Main Author: ISTIGFARA AJENING PRANITA, 1313043078
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/27798/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27798/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27798/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27798/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri Gugus I Kecamatan Menggala. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan yang signifikan dan positif antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri Gugus I Kecamatan Menggala. Populasi penelitian ini berjumlah 160 orang siswa kelas IV. Sampel penelitian ini berjumlah 61 responden yang diambil berdasarkan teknik proporsional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik non-tes, yaitu; kuesioner (angket), dan studi dokumentasi. Alat pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar. Kata kunci: hasil belajar, persepsi pedagogik guru, PKn.