PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 8 METRO TIMUR

Main Author: ESTI MEDIA TANZA, 1313053052
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/27748/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27748/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27748/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27748/
Daftar Isi:
  • Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 8 Metro Timur pada pembelajaran tematik. Tujuan peneliti untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan model cooperative learning tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 50 siswa. Sampel penelitian berjumlah 50 responden. Instrumen penelitian yang digunakan angket dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistik t-test sparated varians yang diawali dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan model cooperative learning tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: Cooperative learning, group investigation, hasil belajar.