PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TARI BAMBU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA EKOSISTEM KELAS V SD NEGERI 8 METRO TIMUR

Main Author: RIZKI KHAMIDAH, 1313053146
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/27744/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27744/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27744/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27744/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 8 Metro Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe tari bambu terhadap hasil belajar siswa pada tema ekosistem kelas V SD Negeri 8 Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan non equeivalent grup design. Data diperoleh dari pretest dan posttest dengan instrumen yang digunakan berupa pilihan jamak. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Negeri 8 Metro Timur dengan kelas VA sebagai kelas kontrol dan VB sebagai kelas eksperimen. Analisis data menggunakan independent sample t-test dengan bantuan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis melalui independent sample t-test diperoleh nilai sig 2-tailed kurang dari taraf signifikansi sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, atau terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pada penerapan model cooperative learning tari bambu terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: ekosistem, hasil belajar, tari bambu