DESKRIPSI PERCAKAPAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN SOCRATES SAINTIFIK (Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas VII-A Semester Ganjil di SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017)

Main Author: HUMEDI, 1313021037
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/27735/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27735/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27735/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27735/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan percakapan pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran Socrates saintifik. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan tahun pelajaran 2016/2017. Data yang diperoleh dalam penelitian ini merupakan data kualitatif mengenai percakapan pemahaman konsep matematis siswa. Analisis data dilaku- kan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulan bahwa, percakapan pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran Socrates saintifik dominan memuat indikator kemampuan menyatakan ulang sebuah konsep. Percakapan pemahaman konsep matematis tersebut, sebagian besar dimunculkan pada tahapan saintifik kegiatan communicating dengan pertanyaan Socrates yang dominan digunakan bertipe klarifikasi. Kata kunci: Metode Socrates, Percakapan Pemahaman Konsep Matematis Siswa, Pendekatan Saintifik.