EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017)

Main Author: Shinta Khairunisa Furqoni, 1313021081
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/27673/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27673/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27673/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27673/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan kontekstual ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Metro tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 288 siswa yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk essay. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pendekatan kontekstual efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis. Kata kunci: Efektivitas, Pendekatan Kontekstual, Komunikasi Matematis