PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISIONS (STAD) KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 5 BAGELEN KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN TP 2013/2014

Main Author: Sri Herwiyati, 1013109151
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2014
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/2767/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2767/2/COVER%20LUAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2767/3/COVER%20DALAM.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2767/4/DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2767/5/DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2767/6/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2767/7/DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2767/8/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2767/9/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2767/10/MOTO.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2767/11/PERSEMBAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2767/12/RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2767/13/SANWACANA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2767/14/PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2767/15/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2767/16/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2767/17/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2767/19/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2767/18/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2767/20/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2767/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD di SD Negeri 5 Bagelen Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa, kinerja guru pada proses pembelajaran, untuk mengetahui hasil belajar menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif STAD, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn. Hal ini ditunjukan data dimana pada siklus I skor rata-rata 134,5 dengan nilai 56,03 dan pada siklus II skor rata-rata 196,5 dengan nilai 81,87. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 68,66 sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 80. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus II ini sudah memenuhi indikator keberhasilan yang diharapkan. Kata Kunci: Kooperatif STAD, Aktivitas, Hasil Belajar.