PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TAMBAH DADI

Main Author: LUVIRTA TIYAS MAWARNI, 1313053087
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/27617/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27617/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27617/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27617/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Tambah Dadi pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Tambah Dadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Data penelitian diperoleh dari pretest dan posttest, dengan instrumen yang digunakan berupa soal uraian. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Tambah Dadi dengan kelas IVA sebagai kelompok kontrol dan kelas IVB sebagai kelompok eksperimen. Analisis data menggunakan independent sample t-test dengan bantuan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis melalui independent sample ttest diperoleh nilai sig 2-tailed kurang dari taraf signifikansi sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, atau terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: mind mapping, hasil belajar, matematika