UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GULAK GALIK BANDAR LAMPUNG

Main Author: DESSI MELIANI, 1513069053
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/27592/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27592/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27592/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27592/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini rendahnya prestasi belajar IPS siswa kelas VA dan penedekatan contextual teaching and learning belum dilaksanakan secara maksimal. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS dengan pendekatan contextual teaching and learning pada siswa kelas VA SD Negeri 1 Gulak Galik. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) kolaborasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SD Negeri 1 Gulak Galik yang berjumlah 36 siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulkan data adalah : 1) tes, 2) observasi, 3) catatan lapangan, dan 4) dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah statistik deskriptif yaitu dengan mencari rerata. Pembelajaran IPS dengan menggunakan contextual teaching and learning dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Gulak Galik. Hasil penelitian pada siklus I rata-rata sebesar 6,20, kondisi awal 69 meningkat menjadi 75,20 dan peningkatan siklus II sebesar 11,55 kondisi awal 69 meningkat menjadi 80,55. Kata kunci: contextual teaching and learning , IPS, prestasi belajar