PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 26 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: Jeck Prodes Wijaya, 1213032039
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/27479/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27479/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27479/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27479/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi guru terhadap instrumen penilaian sikap sosial pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 26 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Informan penelitian adalah guru PPKn, Guru BK, dan Wali Kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji kredibilitas data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman terhadap implementasi penilaian sikap sosial baik. Kesan guru dalam penilaian sikap sosial belum menunjukkan kesan positif karena terdapat hal-hal yang belum sesuai dengan panduan. Harapan terhadap penilaian sikap sosial menunjukkan adanya perbaikan terhadap instrumen penilaian sikap sosial yang dapat mempermudah guru. Kata kunci : instrumen, sikap, sikap sosial