PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 26 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Author: | Jeck Prodes Wijaya, 1213032039 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/27479/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/27479/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/27479/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/27479/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi guru terhadap instrumen penilaian sikap sosial pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 26 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Informan penelitian adalah guru PPKn, Guru BK, dan Wali Kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji kredibilitas data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman terhadap implementasi penilaian sikap sosial baik. Kesan guru dalam penilaian sikap sosial belum menunjukkan kesan positif karena terdapat hal-hal yang belum sesuai dengan panduan. Harapan terhadap penilaian sikap sosial menunjukkan adanya perbaikan terhadap instrumen penilaian sikap sosial yang dapat mempermudah guru. Kata kunci : instrumen, sikap, sikap sosial