PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 25 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017)

Main Author: NONIK MEGA SAPITRI , 1313021060
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/27442/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27442/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27442/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27442/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self confidence siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 25 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 9 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII F dan VIII G yang diambil dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis matematis dan skala self confidence. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan self confidence siswa.