PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 33 NEGERI KATON

Main Author: SITI MAISYAROH , 1313053153
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/27320/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27320/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27320/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27320/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 33 Negeri Katon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada strategi pembelajaran aktif tipe index card match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 33 Negeri Katon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain eksperimen non-equivalen control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes tertulis, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, nilai ratarata N-Gain pretest dan posttest kelas eksperimen sebesar 0,48, sedangkan nilai rata-rata N-Gain pretest dan posttest kelas kontrol sebesar 0,35. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan rumus t-test pooled varians diperoleh thitung = 3,36 > ttabel = 2,02 (α = 0,05), maka Ha diterima dengan kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi pembelajaran aktif tipe index card match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 33 Negeri Katon. Kata kunci: hasil belajar, index card match, IPS