PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 10 METRO TIMUR

Main Author: MERNA SAFITRI , 1313053098
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/27319/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27319/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27319/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27319/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe card sort terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur berjumlah 41 siswa dengan kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket dan lembar observasi. Analisis data menggunakan Independent Sampel t-test dengan bantuan program SPSS 23.0. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig. (2-tailed) kurang dari taraf signifikansi sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara strategi pembelajaran aktif tipe card sort terhadap hasil belajar IPS siswa. Kata kunci: Strategi pembelajaran aktif, card sort, hasil belajar, IPS.