EFEKTIVITAS LKS BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KONSEP LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOGNITIF
Main Author: | NADIA YOLANDA, 1313023051 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/27292/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/27292/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/27292/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/27292/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas LKS berbasis pen-dekatan saintifik pada materi konsep laju reaksi untuk meningkatkan KPS ditinjau dari kemampuan kognitif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 4 dan kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan The Matching Only Pretest and Postest Control Group Design. Hasil penelitian menyimpulkan LKS berbasis pendekatan saintifik pada materi konsep laju reaksi efektif untuk meningkatkan KPS ditinjau dari kemampuan kognitif yang dijabarkan berupa (1) Pembelajaran menggunakan LKS berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan KPS tidak dipengaruhi oleh kemampuan kognitif (2) LKS berbasis pendekatan saintifik efektif untuk meningkatkan KPS siswa tidak hanya siswa kemampuan kognitif tinggi tetapi juga siswa kemampuan kognitif rendah. Kata kunci : kemampuan kognitif, konsep laju reaksi KPS, LKS berbasis pendekatan saintifik