PENGARUH PENERAPAN STARTEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN 3 METRO PUSAT

Main Author: MADE MELSA HELMA HERA , 1313053091
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/27262/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27262/2/SKRIPSI%20FUL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27262/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27262/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa di kelas IV SDN 3 Metro Pusat. Penelitian ini menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle dengan tujuan melihat pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 3 Metro Pusat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan desain eksperimen Non-Equivalent Group Design. Data penelitian diperoleh dari pretest dan posttest, dengan instrumen yang digunakan angket untuk mengukur efektivitas pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle, dan soal pilihan jamak untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t-test diperoleh nilai thitung > ttabel berarti Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 3 Metro Pusat. Kata kunci: crossword puzzle, hasil belajar, PKn.