PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V B SD NEGERI 1 SIMBARWARINGIN

Main Author: WAHYUNI NURTININGSIH , 1313053165
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKUKLTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/27216/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27216/19/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27216/20/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27216/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V B SD Negeri 1 Simbarwaringin menunjukkan bahwa 15 siswa (68,1%) belum mencapai KKM yaitu 60. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model cooperative learning tipe talking stick. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes dan tes. Alat pengmpulan data berupa lembar observasi dan soal tes. Teknis analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe talking stick pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan haasil belajar siswa. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, matematika, talking stick