HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD MUHAMMADIYAH METRO PUSAT

Main Author: DIAN NITA ENGGAR MANAH, 1313053036
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/27213/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27213/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27213/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27213/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah lingkungan belajar di sekolah yang kurang kondusif dan prestasi belajar matematika peserta didik yang belum memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar di sekolah terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Metro Pusat. Metode penelitian yang digunakan adalah ex postfacto. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Muhamadiyah Metro Pusat. Teknik pengambilan sampel adalah proportionate stratified random sampling. Alat pengumpulan data berupa angket dengan skala Likert yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar di sekolah terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Metro Pusat. Kata kunci: lingkungan belajar, matematika, prestasi belajar.