PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI KARANG SARI KECAMATAN PADANG RATU

Main Author: DEFITA PURBA SARI, 1313053029
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/27157/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27157/11/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27157/12/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27157/
Daftar Isi:
  • Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa belum optimal karena belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui penerapan model cooperative learning tipe rotating trio exchange (RTE). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action reseach). Prosedur dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan (planing), pelaksanaan (acting), observasi (observing), refleksi (reflecting). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes, menggunakan lembar observasi dan soal tes untuk mengukur kinerja guru, aktivitas dan hasil belajar siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitaif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning tipe rotating trio exchange (RTE). Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, matematika, rotating trio exchange.