EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPEATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 9 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017)

Main Author: DESTRIANTO PADANG PAMUNGKAS, 1313021023
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/26989/1/1.%20Abstrak.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26989/15/2.%20Skripsi%20Full.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26989/16/3.%20Skripsi%20Full%20Tanpa%20Bab%20Pembahasan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26989/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPEATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 9 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017) Oleh Destrianto Padang Pamungkas Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembela-jaran kooperatif tipe (TPS) ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 9 Bandarlampung. Desain penelitian ini adalah postest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi menjadi tujuh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII D yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TPS di kelas VII SMP Negeri 9 Bandarlampung tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Akan tetapi, pemahaman konsep matematis siswa pada kelas TPS lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa pada kelas Konvensional. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, Think Pair Share, pemahaman, konsep matematis siswa.