PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI SMAN 1 NATAR TAHUN 2015/2016

Main Author: ERVA SEPTI RINDIANTIKA, 1213034029
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/26833/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26833/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26833/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26833/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar geografi di SMA Negeri 1 Natar tahun 2015/2016 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi. Metode yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah 40 siswa dari kelas X-9 yang terdiri dari 25 siswa perempuan dan 15 siswa lakilaki. Data yang diambil berupa hasil tes akhir siklus dan hasil observasi aktivitas dan motivasi belajar. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa (3) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Kooperatif Tipe Artikulasi