PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 METRO TIMUR
Main Author: | NURUL SUPARNI, 1313053118 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
UNIVERSITAS LAMPUNG
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/26829/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/26829/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/26829/3/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/26829/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Metro Timur. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan tujuan untuk melihat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Metro Timur. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Data penelitian diperoleh dari pretest dan posttest, dengan instrumen yang digunakan berupa soal pilihan jamak. Analisis data menggunakan rumus t-test pooled varians dan independent sample ttest dengan bantuan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan uji hipotesis melalui t-test pooled varians diperoleh nilai thitung>ttabel dan perhitungan independent sample t-test diperoleh nilai sig 2-tailed kurang dari taraf signifikansi sehingga Ho ditolak dan HI diterima, atau terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: jigsaw, hasil belajar, matematika