PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 METRO TIMUR

Main Author: NURUL SUPARNI, 1313053118
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/26829/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26829/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26829/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26829/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Metro Timur. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan tujuan untuk melihat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Metro Timur. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Data penelitian diperoleh dari pretest dan posttest, dengan instrumen yang digunakan berupa soal pilihan jamak. Analisis data menggunakan rumus t-test pooled varians dan independent sample ttest dengan bantuan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan uji hipotesis melalui t-test pooled varians diperoleh nilai thitung>ttabel dan perhitungan independent sample t-test diperoleh nilai sig 2-tailed kurang dari taraf signifikansi sehingga Ho ditolak dan HI diterima, atau terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: jigsaw, hasil belajar, matematika