PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING DENGAN SCHOOLOGY MATERI HUKUM GRAVITASI NEWTON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Main Author: REVANIA PUTRI UTAMI , 1313022058
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/26801/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26801/10/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26801/11/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26801/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penggunaan media sosial dan digital menjadi bagian yang menyatu dalam kehidupan anak muda, sehingga hal tersebut mendukung pembelajaran online yaitu media yang saat ini dekat dengan mereka. Oleh karena itu, dilakukan penelitian E-Learning dengan Schoology dalam pembelajaran fisika materi Hukum Gravitasi Newton terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di SMAN 13 BandarLampung, dengan desain penelitian quasy experimental. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan E-Learning dengan Schoology memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Adanya perbedaan rata-rata N-gain kelas eksperimen 0,76 dan kelas kontrol 0,66. Pemahaman konsep siswa pada pembelajaran menggunakan Schoology termasuk kedalam kategori paham konsep yaitu 0% yang menebak, 67,57% yang tidak paham konsep 30%, dan miskonsepsi 2,43%. Kata kunci: e-learning, hasil belajar, gravitasi Newton, pemahaman konsep, schoology.