PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING PADA PEMBELAJARAN SIMAYANG DALAM MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

Main Author: LEZY MAIDELA , 1313023045
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/26750/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26750/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26750/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26750/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi scaffolding pada pembelajaran SiMaYang dalam meningkatkan self efficacy dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung pada semester genap tahun 2016/2017. Teknik pe¬ngambilan sampel yang digunakan yaitu teknik cluster random sampling dan di¬peroleh sampel kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 4 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperi¬men dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengaruh strategi scaffolding pada pembelajaran SiMaYang diukur berdasarkan rata-rata nilai n-Gain self efficacy dan penguasaan konsep siswa, kemudian ukur¬an besar pengaruh strategi scaffolding tersebut diukur berdasarkan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen rata-rata nilai n-Gain self efficacy berkriteria “sedang” dan penguasaan konsep berkriteria “tinggi”. Selanjutnya, strategi scaffolding pada model pembe¬lajaran SiMaYang memiliki pengaruh “sedang” terhadap pe¬ningkat¬an self efficacy siswa dan memiliki pengaruh “besar” terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di-simpulkan bahwa strategi scaffolding pada pembelajaran SiMaYang ber¬pengaruh dalam meningkatkan self efficacy dan penguasaan konsep pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Kata kunci: penguasaan konsep, self efficacy, SiMaYang, strategi scaffolding.