PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN RESPON PENGGUNAAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA

Main Author: HUSNUL HOTIMAH, 1313022039
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/26729/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26729/19/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26729/20/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26729/
Daftar Isi:
  • Penelitian eksperimen ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan (1)npgearuh kemampuan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar; (2)epngaruh respon terhadap hasil belajar; dan (3) pengaruh kemampuan berpikir kritis dan respon penggunaan bahan ajar Fisika berbasis multirepresentasi terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X MIA MAN 1 Lampung Selatan tahun pelajaran 2016/2017 dengan desain penelitian yang digunakan adalah one shot case study. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar dengan koefisien determinasi sebesar 56%; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan pengaruh respon terhadap hasil belajar dengan koefisien determinasi sebesar 52%; dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan berpikir kritis dan respon penggunaan bahan ajar Fisika berbasis multirepresentasi terhadap hasil belajar dengan koefisien determinasi sebesar 66%. Kata kunci: hasil belajar, kemampuan berpikir kritis, multirepresentasi , respon