PROFIL KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA SMP GLOBAL MADANI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: Requistiawati, 1213024056
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/26683/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26683/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26683/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26683/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan bertanya dan kualitas pertanyaan siswa laki-laki dan siswa perempuan berdasarkan taksonomi Bloom revisi. Desain penelitian menggunakan desain deskriptif sederhana. Sampel dipilih dengan teknik simple random sampling yaitu siswa kelas VII-1, VII-2, VII-3, VIII-1, VIII-3, dan VIII-4 SMP. Data penelitian berupa data kualitatif yaitu keterampilan bertanya dan kualitas pertanyaan siswa laki-laki dan perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Data yang telah diperoleh dihitung dalam bentuk persentase dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan bertanya siswa tergolong “sedang” dengan persentase sebesar 53,59%. Selain itu, siswa laki-laki diketahui 12,32% lebih banyak bertanya dibandingkan siswa perempuan dengan kualitas pertanyaan tergolong dalam pertanyaan kognitif tingkat rendah sebesar 28,46% yang didominansi oleh pertanyaan C2 sebanyak 16,87%. Kata kunci: gender, keterampilan bertanya, kualitas pertanyaan, taksonomi Bloom