PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 1 METRO TIMUR

Main Author: NI MADE SUKERTI SARI, 1313053110
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/26673/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26673/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26673/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26673/
Daftar Isi:
  • Masalah penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SDNegeri 1Metro Timur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini penelitian eksperimen, menggunakan rancangan quasiexperimen metode non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak untuk mengukur hasil belajar untuk mendapatkan data penerapan model STAD. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika. Kata kunci: hasil blajar, matematika, STAD.