PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL PADA SISWA KELASV TEMA 6 SUBTEMA 2 DI SD NEGERI 2LABUHAN RATU
Main Author: | RISKA SRIHARYANTI, 1313053141 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/26662/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/26662/2/SRKIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/26662/3/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/26662/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah: belum adanya desain pembelajaran (RPP) model discovery learning yang berbasis HOTS. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1). Kondisi dan potensi sekolah untuk melaksanakan model pembelajaran discovery learning berbasis HOTS, 2). Proses pembelajaran menggunakan desain pembelajaran (RPP) dengan model discovery learning berbasis HOTS, 3). mengukur tingkat efektivitas, efesiensi dan daya tarik desain pembelajaran (RPP) model discovery learning berbasis HOTS. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Labuhan Ratu. Sampel penelitian adalah siswa kelas VA dan VB SD Negeri 2 Labuhan Ratu. Tehnik pengumpulan data adalah observasi, angket dan tes. Dari hasil uji coba pada penelitian pengembangan ini bahwa desain pembelajaran yang diterapkan dinyatakan efektif berdasarkan hasil nilai belajar siswa yang meningkat, efesien waktu yang digunakan lebih sedikit dari yang direncanakan serta adanya daya tarik/kemenarikan siswa terhadap penerapan desain pembelajaran, sehingga berdasarkan analisi hipotesis menggunakan uji pairet sampel t-test dinyatakan ada perbedaan yang signifikan terhadap penerapan desain pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis HOTS. Kata Kunci: Discovery Learning, Higher Order Thinking Skill, Desain Pembelajaran.