PERBANDINGAN PENGGUNAAN LKS BERBASIS POE (PREDICT- OBSERVE-EXPLAIN) DENGAN LKS KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 1 BANDAR SRIBHAWONO

Main Author: Dewi Nurhidayati, 1313022015
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/26654/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26654/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26654/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26654/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan LKS berbasis POE ststis khususnya pada 2 ranah yaitu: kognitif dan psikomotor. Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental menggunakan bentuk non-equivalent control grup design data diuji dengan teknik pengelompokkan hasil belajar, analisis N- gain, uji normalitas, homogenitas dan uji independent T-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan LKS POE dengan LKS konvesional pada ranah kognitif dan psikomotor. Hasil belajar ranah kognitif dan psikomotor menggunakan LKS berbasis POE lebih tinggi dibandingkan LKS konvensional pada ranah kognitif didapat nilai rata-rata N- gain sebesar 0,839, sedangkan hasil belajar ranah psikomotor pada kelas ekperimen sebanayak 100% siswa yang mencapai KKM psikomotorik. Kata kunci: LKS POE, konvensional, fluida statis.