PENGARUH SKILL REPRESENTASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING
Main Author: | ILLA MAFIROH, 1313022033 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/26635/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/26635/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/26635/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/26635/ |
Daftar Isi:
- Banyak siswa yang menganggap bahwa fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit dan membosankan karena banyak rumus dan konsep fisika yang harus dihapal. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh skill representasi matematis terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada materi pokok Hukum Newton tentang Gerak. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Pringsewu semester genap tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian adalah kelas X MIPA 1 dengan jumlah 35 siswa, desain penelitian yang digunakan adalah One Shot Case Study Design. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh linear yang positif dan signifikan antara skill representasi matematis tehadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan kontribusi sebesar 40,700% yang didapat dari nilai koefisien determinasi (R Square). Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran Discovery Learning, skill representasi matematis