PENGARUH KONSEP DIRI, DISIPLIN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI MOTIVASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Author: | SITI NUR FADILAH, 1313031077 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/26500/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/26500/17/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/26500/18/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/26500/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tinggi rendahnya hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran dipengaruhi faktor eksternal dan faktor internal. Faktor internal yang mempengaruhi diantaranya adalah konsep diri, disiplin belajar, minat belajar dan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsep diri, disiplin belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 244 orang dan sampel 152 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah probabilitas sampling dengan menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara konsep diri, disiplin belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan kadar determinasi sebesar 0,712. Variabel konsep diri merupakan variabel yang dominan mempengaruhi motivasi belajar dan hasil belajar. Oleh karena itu, perlu disarankan adanya peningkatan dan perhatian terhadap variabel-variabel tersebut sehingga diperoleh hasil belajar yang maksimal. Kata kunci: disiplin, hasil belajar, konsep diri, minat, motivasi