PENERAPAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 9 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017)
Main Author: | PURNAMA DEWI, 1313021065 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/26383/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/26383/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/26383/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/26383/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran dengan strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Metro tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 dan VII-2 yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran dengan strategi REACT dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: Pembelajaran dengan strategi REACT, Komunikasi Matematis