EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Main Author: | YUKE AGUSTIN, 1313023092 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
UNIVERSITAS LAMPUNG
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/26366/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/26366/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/26366/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/26366/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan saintifik dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Bandarlampung semester ganjil Tahun Pelajar-an 2016/2017 dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 dan XI IPA 6. Pengambilan sampel dilakukan dengan dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian The Matching-Only-Pretest-Posttest Control Group. Efektivitas pendekatan saintifik ditinjau dari beberapa aspek, yaitu peningkatan nilai aktivitas dan kinerja siswa pada kelas eksperimen serta perbedaan rata-rata n-Gain¬ yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai aktivitas dan kinerja siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan setelah diterapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan rata-rata n-Gain keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen se-besar 0,17 dan 0,72. Berdasarkan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, laju reaksi, pendekatan saintifik