PERBANDINGAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) ANTARA SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BRAINSTORMING DAN THREE STEPS INTERVIEW DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN PERSONAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017”

Main Author: ELY SUSANTI , 1313031032
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/26271/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26271/19/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26271/20/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.PDF
http://digilib.unila.ac.id/26271/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kecakapan hidup (life skill) antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Brainstorming dan Three Step Interview dengan memperhatikan kecerdasan personal. Metode yang digunakan pada penelittian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan design factorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 9 kelas siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas siswa yang ditentukan melalui cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada perbedaan kecakapan hidup yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Brainstorming dibandingkan Three Step Interview (2) Ada perbedaan kecakapan hidup antara siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal dengan siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal (3) Terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dengan kecerdasan personal terhadap kecakapan hidup siswa (4) Kecakapan hidup siswa yang pembelajarannya menggunakan Brainstorming lebih baik pada siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal (5) Kecakapan hidup siswa yang pembelajarannya menggunakan Three Step Interview lebih baik pada siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal (6) Kecakapan hidup siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal lebih baik dari pada yang memiliki kecerdasan intrapersonal pada model pembelajaran Brainstorming (7) Kecakapan hidup siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal lebih baik daripada yang memiliki kecerdasan intrapersonal pada model pembelajaran. Kata kunci: kecakapan hidup, Brainstorming, TSI, kecerdasan