PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE DI KELAS V C SDN 5 MERAK BATIN NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: SAIDAH HANDAYANI, 1313093100
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/26244/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26244/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26244/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26244/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE DI KELAS V C SDN 5 MERAK BATIN NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Oleh SAIDAH HANDAYANI Berdasarkan hasil survei yang dilakukan di SDN 5 Merak Batin Natar bahwa aktivitas belajar Matematika di Kelas V C SDN 5 Merak Batin masih tergolong rendah yang ditandai dengan rendahnya hasil belajar Matematika siswa yang belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe example non example di kelas V SDN 5 Merak Batin Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, terdiri dari dua siklus, dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan teknik non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan teknik non tes, dilakukan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe example non example dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kata Kunci: Kooperatif, Example Non Example, Aktivitas Belajar