PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP GAYA BELAJAR VISUAL DAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI I SEPUTIH AGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: ANDI NOVRIANTO, 1213033004
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/26052/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26052/15/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26052/16/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26052/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Mutu pendidikan tidak terlepas dari hasil belajar siswa, sehingga faktor siswa adalah yang diperlukan dalam memajukan pembelajaran dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan, oleh sebab itu dalam keseluruhan pendidikan di sekolah salah satunya dapat dilihat dari hasil belajarnya. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar adalah model pembelajaran Example non Example. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Example non Example terhadap gaya belajar visual dan hasil belajar kognitif mata pelajaran sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Seputih Agung Kecamatan Seputih Agung Tahun Ajaran 2015/2016?”. Tujuan penelitian ini adalah “ untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara model pembelajaran Example non Example terhadap gaya belajar visual dan hasil belajar kognitif mata pelajaran sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Seputih Agung Kecamatan Seputih Agung Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Desaign. Sampel dipilih secara Random menggunakan teknik Cluster Sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Korelasi Product Moment dan uji t. Berdasarkan hasilpenelitian menunjukan hasilnya bahwa r = 0,8 yang berarti korelasi antara variabel x dan y ada pada taraf positif. Besarnya keberartian korelasi hasiln penelitian menunjukan t hitung 8,473 > t 1,4. Hasil analisis data yang telah dilakukan menghasilkan bahwa“ada pengaruh yang postif dan signifikan antara model pembelajaran Example non Example (X) terhadap gaya belajar visual (Y tabel ) dan hasil belajar kognitif (Y ) pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Seputih Agung”. Kata kunci : example non example, gaya belajar visual, hasil belajar sejarah. 2 1