PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI GARAM HIDROLISIS

Main Author: DESI JULIA, 1213023013
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/26039/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26039/7/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26039/8/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26039/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan modul berbasis multipel representasi pada materi garam hidrolisis. Penelitian ini meng-gunakan metode penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall. Pengem-bangan modul berbasis multipel representasi ini melalui hasil studi lapangan di SMA Negeri di Kabupaten Pesawaran dan Pringsewu. Kevalidan modul hasil pengembangan diukur dari hasil validasi ahli. Kepraktisan modul diukur ber-dasarkan tanggapan pendidik dan tanggapan peserta didik, dan hasil tanggapan observer terhadap keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan modul. Berdasarkan hasil penilaian validator terhadap modul memiliki kriteria tinggi dan dikatakan valid. Berdasarkan uji coba terbatas di SMA N 2 Gedong tataan, tanggapan pendidik terhadap modul yang dikembangkan memiliki untuk aspek kesesuaian isi dengan kurikulum, konstruk, keterbacaan, grafika memiliki kriteria sangat tinggi, serta tanggapan peserta didik pada aspek grafika dan keterbacaan memiliki kriteria sangat tinggi. Berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan modul memiliki kriteria tinggi, dan tanggapan positif peserta didik terhadap pembelajaran dengan modul hasil pengembangan maka modul dikatakan praktis. Kata kunci: modul, multipel representasi dan garam hidrolisis