PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI GARAM HIDROLISIS

Main Author: VENNY FERLIYANTI , 1213023077
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/26032/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26032/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26032/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/26032/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing pada materi garam hidrolisis. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) menurut Borg dan Gall. Penelitian ini hanya sampai diuji coba terbatas yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Gedong tataan pada kelas XII IPA yang berjumlah 22 siswa dan 2 guru kimia. Kevalidan LKS hasil pengembangan diukur berdasarkan hasil validasi ahli. Kepraktisan diukur berdasarkan tanggapan guru, tanggapan siswa, respon siswa, dan hasil observer terhadap keterlaksanaan pembelajaran menggunakan LKS hasil pengembangan. Keefektivan diukur berdasarkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Tanggapan validator terhadap LKS hasil pengembangan pada aspek keterbacaan, kesesuaian isi, dan konstruksi dikatagorikan tinggi, maka LKS dinyatakan valid. Tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi, keterbacaan, dan kemenarikan dapat dikatagorikan sangat tinggi; tanggapan siswa terhadap aspek keterbacaan dan kemenarikan dikatagorikan sangat tinggi; respon siswa terhadap pembelajaran dengan LKS hasil pengembangan positif; dan hasil observer terhadap keterlaksanaan pembelajaran menggunakan LKS dikategorikan sangat tinggi, maka LKS hasil pengembangan dapat dinyatakan praktis. Persentase Siswa yang tuntas adalah 86% dari jumlah siswa yang ada dikelas maka LKS hasil pengembangan dapat dinyatakan efektif. Kata kunci : lembar kerja siswa, inkuiri terbimbing, garam hidrolisis.