EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Metro Tahun Pelajaran 2015/2016)

Main Author: SEPTI NURLAILI , 1213021066
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/25916/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/25916/15/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/25916/16/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMABAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/25916/
Daftar Isi:
  • Gallery Walk merupakan salah satu tipe model pembelajaran koopertif yang pembelajarananya menggunakan media dinding untuk dipamerkan. Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe gallery walk ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Desain yang digunakan adalah The Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 2 Metro tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 204 siswa yang terdistribusi dalam delapan kelas. Sampel dalam penelitian adalah siswa pada kelas VIII-F dan VIII-H yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data pemahaman konsep matematis siswa diperoleh melalui tes uraian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe gallery walk tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci: Efektivitas, Gallery Walk, Pemahaman Konsep