PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010-2014)

Main Author: Ervina, 0911031043
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/25838/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/25838/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/25838/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/25838/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik perusahaan dengan menggunakan kepemilikan manajemen, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan (annual report), perusahaan yang diambil sebagai sampel 20 perusahaan yang dilakukan secara purposive sampling dan jumlah observasi yang dilakukan selama tahun 2010-2014 adalah 100 item observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS 22.0, serta pengujian asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan ukuran perusahaan memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapa CSR, sedangkan kepemilikan manajemen dan profitabilitas tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kata Kunci : Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Kepemilikan Manajemen, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas.