PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA N 1 KOTAGAJAH

Main Author: BENI APRIANTORO , 0913033076
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/25527/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/25527/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/25527/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/25527/
Daftar Isi:
  • Pendidikan memiliki peranan penting bagi suatu negara yaitu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki, baik dari segi intelektual, mental, maupun spiritual. Pendidikan menjadi suatu keharusan bagi setiap individu agar mampu mengikuti perubahan global yang terjadi. Dalam pendidikan formal diharuskan guru mampu bekerasam dengan siswa untuk meningkatkan hasil belajar, dengan meningkatnya hasil belajar tercapailah tujuan pendidikan yang diaharapkan. Guru dituntut untuk kreatif dalam melakukan proses pembelajaran dengan cara melakukan pendekatan – pendekatan pendidikan dan menerapkan model – model pembelajaran guna tercapainya tujuan pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh yang signifikan aktivitas belajar dalam model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kotagajah? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada atau tidak pengaruh yang signifikan aktivitas belajar dalam model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah kelas XI IPS SMA N 1 Kotagajah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 1 KOTA GAJAH. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh yang signifikan aktivitas belajar dalam model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah kelas XI IPS di SMAN 1 Kota Gajah. Besarnya taraf signifikan pengaruh aktivitas belajar dalam model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah kelas XI IPS di SMAN 1 Kota Gajah adalah sebesar 0,47. Nilai tersebut jika dimasukan dalam tabel intepretasi korelasi termasuk ke dalam kategori cukup. PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DALAM MODEL