Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IVA SD Negeri 1 Nunggalrejo, yakni hanya 10 siswa (45,45%) telah mencapai KKM dan yang mencapai KKM yakni 12 siswa (54,55%) dari nilai KKM 66. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IVA SD Negeri 1 Nunggalrejo menggunakan metode guided discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode PTK dengan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan instrumen tes pada setiap siklus. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan, aktivitas siswa siklus I mencapai kualifikasi “Cukup Aktif” menjadi “Aktif” pada siklus II. Hasil belajar afektif siswa siklus I berkategori “Cukup Percaya Diri” menjadi “Sangat Percaya Diri” di siklus II, kategori keterampilan siswa siklus I mencapai “Cukup Terampil” menjadi “Terampil” pada siklus II, dan persentase ketuntasan kognitif siswa siklus I sebesar 50% menjadi 77,27% pada siklus II. Penerapan metode Guided Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: aktivitas siswa, guided discovery learning, hasil belajar