EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sendangagung Lampung Tengah Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016)

Main Author: DEWI MUTIASARI, 1213021017
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/24832/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/24832/4/SKRIPSI%20FULL.PDF
http://digilib.unila.ac.id/24832/5/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/24832/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning (PBL) ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sendangagung Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model PBL efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa, ditunjukkan dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti PBL lebih baik dari siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, proporsi siswa dengan kemampuan komunikasi yang baik setelah mengikuti PBL lebih dari 60% . Kata kunci: problem based learning, kemampuan komunikasi matematis, pembelajaran konvensional.