Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa Kelas I B SD Negeri 11 Metro Pusat
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I B SD Negeri 11 Metro Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan menerapkan model cooperative learning tipe NHT. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Dengan tahapan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah bentuk analisis kualitatif dan kuantitatif. Perbaikan pembelajaran dengan model cooperative learning Tipe NHT, menunjukkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa pada akhir siklus I mencapai 52,80 (Cukup Aktif), siklus II 62,60 (Cukup Aktif), siklus III 76,82 (Aktif). Hasil belajar dibagi menjadi tiga ranah, yakni afektif, psikomotor, dan kognitif. Hasil belajar afektif siklus I 56,95 (Cukup), siklus II 63,17 (Cukup), dan siklus III 77,75 (Baik). Hasil belajar psikomotor siklus I 60,85 (Cukup), siklus II 65,35 (Baik), dan siklus III 85,65 (Sangat Baik). Sedangkan pada hasil belajar kognitif siswa siklus I 60% (Sedang), siklus II 70% (Tinggi), dan siklus III 86,67% (Sangat Tinggi). Penerapan model cooperative learning Tipe NHT dalam pembelajaran tematik terpadu dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: model numbered heads together, aktivitas siswa, dan hasil belajar.