NILAI-NILAI DIDAKTIS NOVEL SANG PENCERAH KARYA AKMAL NASERY BASRAL DAN PEMBELAJARANNYA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

Main Author: NINA APRIAWATI , 0743041031
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/24790/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/24790/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/24790/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/24790/
Daftar Isi:
  • Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah nilai-nilai didaktis novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral dan Pembelajarannya di Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai didaktis yang terdapat dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral dan Pembelajarannya di Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu metode yang dimaksudkan untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat, serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral cetakan ke IV terbitan tahun 2010 oleh PT. Mizan Publika. Hasil penelitian menggambarkan bahwa dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral mengandung nilai-nilai didaktis yaitu, nilai intelektual, nilai keterampilan, nilai harga diri, nilai sosial, nilai moral, nilai keindahan, nilai ketuhanan, nilai pengendalian diri, nilai tingkah laku, dan nilai cita-cita. Pembelajaran terhadap hasil penelitian, berupa RPP sebagai bahan pembelajaran untuk siswa SMA kelas XII semester genap dengan kompetensi dasar (KD) 4.9 merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan. Kata kunci : nilai didaktis, novel, pembelajaran