PENINGKATAN KETERAMPILAN INTERAKSI SOSIAL DALAM KELAS MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | Siti Nur Halimah, 1213052043 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
UNIVERSITAS LAMPUNG
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/24602/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/24602/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/24602/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/24602/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian adalah mengetahui apakah layanan konseling kelompok dapat dipergunakan untuk meningkatkan keterampilan interaksi sosial dalam kelas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian adalah Quasi Experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian sebanyak 8 siswa kelas VIII yang memiliki keterampilan interaksi sosial dalam kelas rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi. Hasil menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok dapat dipergunakan untuk meningkatkan keterampilan interaksi sosial siswa dalam kelas, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji Wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh Z hitung = -2.521 < Z tabel = 1,645 maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci : Bimbingan & Konseling, Interaksi sosial, Konseling Kelompok