PENINGKATAN KETERAMPILAN INTERAKSI SOSIAL DALAM KELAS MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: Siti Nur Halimah, 1213052043
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/24602/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/24602/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/24602/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/24602/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian adalah mengetahui apakah layanan konseling kelompok dapat dipergunakan untuk meningkatkan keterampilan interaksi sosial dalam kelas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian adalah Quasi Experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian sebanyak 8 siswa kelas VIII yang memiliki keterampilan interaksi sosial dalam kelas rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi. Hasil menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok dapat dipergunakan untuk meningkatkan keterampilan interaksi sosial siswa dalam kelas, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji Wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh Z hitung = -2.521 < Z tabel = 1,645 maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci : Bimbingan & Konseling, Interaksi sosial, Konseling Kelompok