PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU SOAL PADA SISWA KELAS V SDN 15 GEDONG TATAAN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: NELIAWATI , 1413093028
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/24468/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/24468/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/24468/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/24468/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah.Pembelajaran Matematika di kelas V SDN 15 Gedong Tataan, kurang memanfaatkan strategi dan media pembelajaran. Rata-rata hasil belajar siswa masih di bawah KKM (<60). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran menggunakan media kartu soal dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pembelajaran dilaksanakan dalam dua siklus, dengan jumlah siswa 20 yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menyimpulkan penerapan pembelajaran menggunakan media kartu soal dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Ketuntasan siklus I sebesar 65% (belum tuntas), naik pada siklus II menjadi 85% (tuntas). Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, kartu soal.