PENINGKATAN KONSEP DIRI POSITIF MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 6 KOTA METRO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: NUR ANISSAH , 1213052026
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/24246/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/24246/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/24246/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/24246/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah konsep diri positif siswa. Permasalahan penelitian ini “apakah konsep diri positif dapat ditingkatkan melalui layanan konseling kelompok”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan konsep diri positif siswa dengan layanan konseling kelompok pada siswa kelas VII di SMP N 6 Metro tahun pelajaran 2015/2106. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode quasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Subyek penelitian sebanyak 8 orang siswa yang memiliki konsep diri positif rendah. Teknik pengumpulan data dalam penitian ini menggunakan skala konsep diri. Hasil analisis peningkatan konsep diri positif siswa menggunakan uji Wilcoxon diperoleh zhitung =-2,527 < ztabel = 1,645 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian adalah konsep diri positif dapat ditingkatkan menggunakan layanan konseling kelompok pada siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Metro Utara Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata kunci : bimbingan dan konseling, konsep diri positif, layanan konseling kelompok